Permasalahan pada kultur jaringan

Written By Fokus Agrobisnis on Kamis, 16 Februari 2012 | 20.37

Dalam kegiatan kultur jaringan tidak sedikit masalah yang dapat muncul sebagai penghambat. Biasanya penghambat muncul dari bahan yang ditanam, lingkungan kultur, maupun manusia yang melakukan.

Masalah-masalah yang sering terjadi dalam kultur jaringan antara lain :

1. Kontaminasi
Kontaminasi adalah gangguan yangsangat umum terjadi dalam kegiatan kultur jaringan. Fenomena kontaminasi sangat beragam, dapat dilihat dari jenis kontaminasinya (bakteri, jamur, virus dll)

2. Pencoklatan
Pencoklstsn (browing) adalah suatu keadaan dimana muncul warna coklat ataau hitam yang menyebabkan tidak terjadi pertumbuhan dan perembangan pada eksplan. Pencoklatan umumnya merupakan tanda akan adanya kemunduran fisiologi eksplan biasanya eksplan akan mati.

3. Vitrifikasi
Biasanya ditandai dengan :
a. terjadinya pertumbuhan yang tidak normal
b. tanaman yang dihasilkan pendek atau tidak normal
c. pertumbuhan batang cenderung ke arah perbesaran diameter
d. tanaman utuhnya menjadi sangat turgescent
e. daunnya tidak memiliki jaringan palisade

4. Variabilitas Genetic
Jika perbanyakan dilakukan untuk perbanyakan bukan dalam kegiatan pemuliaan tanaman. Apabila terjadi banyak variasi genetik maka hal itu akan menjadi kendalan biasanya hal ii terjadi karena :

a. laju multipikasi yang tinggi krena terjadi subkultur berulang yang tidak terjadinya subkultur yang tidak terkontrol

b. penggunaan teknik yang sesuai

5. Pertumbuhan dan Perkembangan
Masalah dalam pertumbuhan eksplan adalah apabila tanaman mmengalami stagnasi. Untuk mencegahnya maka menggunakan bahan tumbuh yang tidak juvenile atau tidak meristematik.

6. Praperlakuan
Praperlakuan dilakukan dalam rangka menghilakan berbagai hambatan yang mungkin muncul, seperti hambatan kemikalis, fisis, biologis. Untuk menangani hambatan yang berupa bahan kimia harus dimulai dengan mengenali senyawa aktif yang ada dalam media, potensi gangguan, proses reaksi, dan alternative pengelolaannya.

7. Lingkungan Mikro
Lingkungan inkubator harus diperhatikan. Terutama pada suhu lingkungan inkubator. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan eksplan pada botol.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar